5 perusak amal di bulan Ramadhan.


5 perusak amal di bulan Ramadhan.

Suaranaura19.blogspot.com,- Berikut kami sajikan informasi tentang 5 perusak di bulan Ramadhan. Penting dan wajib tahu umat Islam agar puasanya berkah dan sempurna.

Bulan puasa Ramadhan adalah bulan yang penuh dengan Rahmat dan berkah dari Allah SWT oleh karena itu wajib kita tahu hal-hal yang merusak amlabdi bulan Ramadhan.

Beriku ini mari kita simak ulasan tentang 5 perusak amal di bulan Ramadhan, bagus untuk menjadi acuan bagi semua kalangan yang menjajakan ibadah puasa Ramadhan.


Maka tak heran jika Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam sampai bersabda, 

"Betapa banyak orang yang berpuasa, tetapi dia tidak mendapatkan dari puasanya tersebut kecuali rasa lapar dan dahaga saja." (HR. Ahmad, 2:373. Syaikh Syu'aib Al-Arnauth mengatakan bahwa sanadnya jayyid).

Dan dalam sebuah riwayat hadits dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

"Puasa bukanlah hanya menahan makan dan minum saja. Akan tetapi, puasa adalah dengan menahan diri dari perkataan lagwu dan rofats*. Apabila ada seseorang yang mencelamu atau berbuat usil padamu, katakanlah padanya, 'Aku sedang puasa, aku sedang puasa." (HR. Ibnu Khuzaimah, 3:242. Al-A'zhami mengatakan bahwa sanad hadis tersebut sahih).

*Lagwu adalah perkataan sia-sia dan semisalnya yang tidak berfaedah. Sedangkan rofats adalah istilah untuk setiap hal yang diinginkan laki-laki pada wanita atau dapat pula bermakna kata-kata kotor.

Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

"Telah datang kepada kalian Ramadhan, BULAN MUBARAK (bulan yang diberkahi). Allah mewajibkan atas kalian berpuasa padanya. Pintu-pintu surga dibuka padanya. Pintu-pintu Jahim (neraka) ditutup. Setan-setan dibelenggu. Di dalamnya terdapat sebuah malam yang lebih baik dibandingkan 1000 bulan. Siapa yang dihalangi dari kebaikannya, maka sungguh ia terhalangi." (HR. Ahmad, shahih)

Keterangan hadits ini dapat kita uraikan perkara yang menjadi perusak amal ibadah puasa Ramadhan berikut ini 

1 Ibadah tanpa ilmu

2 Masih meneruskan maksiat 

3 Masih pelit dengan harta

4 Puasa tetapi tidak shalat 

5 Shalat Tarawih super ngebut

Demikian ulasan tentang 5 perusak amal di bulan Ramadhan, yang sangat penting dan wajib tahu seluruh umat Islam agar puasanya berkah dan sempurna.

Wallahu a'lam.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Do'a Keberkahan Hidup & Penarik Rezeki ( Al Imam Al Qutb Al Habib Sholeh bin Muhsin Al Hamid )

KEUTAMAAN AMALAN SUNNAH YANG HAMPIR TERLUPAKAN

Doa-Doa Dahsyat dari Alquran yang Wajib Kamu Hafal.