Keutamaan Bulan Ramadhan berdasarkan Alquran dan Hadits.

Keutamaan Bulan Ramadhan berdasarkan Alquran dan Hadits.

Suaranaura19.blogspot.com- Berikut ini kami sajikan informasi tentang keutamaan bulan Ramadhan. Bagus untuk bahan bacaan dan khazanah keilmuan Islam serta motivasi dalam melaksanakan ibadah puasa Ramadhan.

Bulan Ramadhan adalah bulan suci yang didalamnya terdapat Keutamaan dan keistimewaan. Untuk memperoleh itu harus mengerjakan puasa dan perbuatan baik atau amal sholeh sehingga mendapatkan Ganjar dan berkah dibulan suci Ramadhan.

Mari simak ulasan berikut tentang keutamaan bulan Ramadhan. Yang rugi dilewatkan, dibulan ini umat Islam berlomba-lomba untuk mendapatkannya.

Sebagaimana dikutip dari lamban Instagram@teladan alquran keutamaan bulan Ramadhan berikut ini ulasannya.

1. Ramadhan adalah bulan diturunkannya Al Qur'an 
شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنزِلَ فِيهِ القرءان هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيْنَتِ مِنَ الْهُدَىٰ والفرقان

(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). (QS. Al Baqarah: 185)

2. Setan-setan dibelenggu, pintu-pintu neraka ditutup dan pintu-pintu surga dibuka ketika Ramadhan tiba Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu; Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda: Apabila Ramadhan, pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup." (HR. Bukhari)

3. Terdapat malam yang penuh kemuliaan dan keberkahan

إنا أنزلته في ليلَةٌ مُبْرَكَةٍ إِنَّا كُنَّا مُنذِرِينَ 
sesungguhnya Kami menurunkannya (Al-Qur'an) pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan. (Qs. Ad-Dukhan: 3)

إِنَّا أَنزَلْنَهُ فِي لَيلة القدر وما آذريك ما لَيلَةُ الْقَدَرُ لَيْلَةُ الْقَدْرِ هُ خَيْرٌ مِّنْ ألف شهر تنزل القَلْبِكَةُ وَالرُّوحُ فِيها باذن رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ أَمْرٍ سَلَمَ هِيَ حتى مطلع الفجر لا

Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur'an) pada Lailatulqadar. Tahukah kamu apakah Lailatulqadar itu?. Lailatulqadar itu lebih baik daripada seribu bulan. Pada malam itu turun para malaikat dan Ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan. Sejahteralah (malam) itu sampai terbit fajar. (QS. Al Qadr: 1-5)

4. Bulan Ramadhan adalah salah satu waktu dikabulkannya doa Dari Jabir bin 'Abdillah radhiyallahu anhu; Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: Sesungguhnya Allah membebaskan beberapa orang dari api neraka pada setiap hari dibulan Ramadhan, dan apabila setiap muslim memanjatkan doa maka pasti dikabulkan." (HR. Al Bazaar, tsiqah)

Demikian ulasan yang menyajikan tentang keutamaan bulan Ramadhan penuh berkah berdasarkan Alquran dan hadits. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi semua kalangan.

Wallahu a'lam 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Do'a Keberkahan Hidup & Penarik Rezeki ( Al Imam Al Qutb Al Habib Sholeh bin Muhsin Al Hamid )

KEUTAMAAN AMALAN SUNNAH YANG HAMPIR TERLUPAKAN

Doa-Doa Dahsyat dari Alquran yang Wajib Kamu Hafal.