KEUTAMAAN AMALAN SUNNAH YANG HAMPIR TERLUPAKAN

 






KEUTAMAAN AMALAN SUNNAH YANG HAMPIR TERLUPAKAN

Suaranaura19.blogspot.com-, Sunnah adalah Menurut Muhadditsin (para peneliti hadits), sunnah merupakan segala sesuatu yang mengacu atau diriwayatkan dari Rasulullah SAW. Mulai dari sifat, perkataan, perbuatan, kepribadian, persetujuan, perjalanan hidup baik sebelum maupun sesudah menjadi seorang utusan.

Dalam hal ini, sunnah nabi Muhammad saw, adalah prilaku rasulullahi Shallahu Alaihi Wasallam, baik perkataan, perbuatan, ketetapan, dan kepribadian beliau dalam menjalani kehidupan yang harus kita teladani, dan menata kehidupan di dunia dan khirat kelak. Sunnah adalah salah satu rambu-rambu dalam perjalan hidup agar selamat dan bahagia dunia dan khirat.

Berikut kami sajikan 4 (empat) Keutamaan amalan Sunnah, yang kami rangkum dari Kitab Nashaihul ‘Ibad karya Syekh Nawawi al-Bantani halaman 101.

1.      Siapa yang melakukan Sholat sunnah rawatibb 12 rakaat setiap hari makan dia telah menunaikan hak shalat.

2.      Siapa yang berpuasa tiga hari setiap bulan maka dia telah menunaikan hak puasa

3.      Siapa yang membaca seratus ayat setiap hari maka dia telah menunaikan hak membaca

4.      Siapa yang bersedekah satu dirham setiap hari jum’at maka dia telah menunaikan hak sedekah.

 

Penjelasan :

 

Keutamaan Sholat Sunnah Rawatib.

Ummu Habibah radiyallahu ‘anha telah meriwayatkan sebuah hadits tentang keutamaan sholat sunnah rawatib, dia berkata: saya mendengar Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang sholat dua belas rakaat pada siang dan malam, maka akan dibangunkan baginya rumah di surga“. Ummu Habibah berkata: saya tidak pernah meninggalkan sholat sunnah rawatib semenjak mendengar hadits tersebut. ‘Anbasah berkata: Maka saya tidak pernah meninggalkannya setelah mendengar hadits tersebut dari Ummu Habibah. ‘Amru bin Aus berkata: Saya tidak pernah meninggalkannya setelah mendengar hadits tersebut dari ‘Ansabah. An-Nu’am bin Salim berkata: Saya tidak pernah meninggalkannya setelah mendengar hadits tersebut dari ‘Amru bin Aus. (HR. Muslim no. 728).

 

Keterangan yang dimaksud hadis diatas adalah :

a.      Dua rakaat sebelum subuh

b.      Empat rakaat sebelum shalat zuhur

c.       Dua rakaat sesudah shalat zuhur

d.      Dua rakaat sesudah maghrib

e.      Dua rakaat sesudah Isya.

 

Keutamaan Puasa Tiga hari setiap pertengan Bulan Hijriah

 

Ada pun yang dimakasud dengan puasa sunnah 3 tiga hari setiap bulan adalah puasa ayyamul bidh (hari-hari pertengahan bulan), saat bulan mulai terlihat terang hingga bulan purnama. Tiga hari tersebut adalah 13, 14,dan 15 setiap bulan Hijriah, kecuali bulan Dzulhijjah karena tanggal 13 itu termasuk hari-hari tasyrik yang dilarang berpuasa.

Nabi Muhmmad juga berkata kepada Abdullah bin Amr,

وَصُمْ مِنَ الشَّهْرِ ثَلاَثَةَ أَيَّامٍ، فَإِنَّ الحَسَنَةَ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا، وَذَلِكَ مِثْلُ صِيَامِ الدَّهْرِ

“Berpuasalah tiga hari setiap bulan. Sesungguhnya satu kebaikan dikalikan sepuluh semisalnya. Hal demikian itu seperti puasa satu tahun.” (HR. Bukhari No. 1976 dan Muslim No. 1159.)

Dalam kita at-Tuhfah bahwa hikma disunahkan puasa tiga hari setiap pertengahan bulan hijriah adalah karena pada hari-hari itu semua kebaikan dilipatgandakan pahalanya menjadi sepuluh kali.

 

Membaca seratus ayat setiap hari

 

Rasulullah   bersabda :

“Siapa yang membaca 100 ayat pada suatu malam dituliskan baginya pahala shalat sepanjang malam.” (HR. Ahmad dan dishahihkan di dalam kitab Shahih Al Jami’, no. 6468).

 

 

Membaca ayat suci alqur’an dalam kontek ini disunnahkan oleh rasulullahsaw, adalah membaca 100 ayat setiap hari ini adalah, dianjurkan untuk membaca tujuh surah Munjiyyat pada setiap harinya. Yang dimaksud ialah sebagai berikut :

Tujuh surah munjiyyat  adalah

1.      as-sajdah

2.      Yaasiin

3.      Fushshilat

4.      Ad-Dukhan

5.      Al-Waqi’ah

6.      Al-Hasyr

7.      Dan al-Mulk

 

Bersedekah satu dirham setiap hari jum’at

 

Maksud keterangan sedekah setiap hari jumat adalah Sedangkan sunnah bersedakh 1 (satu ) dirham sama dengan 2.975 gram perak murni atau senilai dengan uang rupiah aalah sekitar 12.050,059.

Kitab al-Umm, Imam al-Syafi’i meriwayatkan hadits :

بَلَغَنَا عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ أَبِي أَوْفَى أَنَّ رَسُولَ اللهِ - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ أَكْثِرُوا الصَّلَاةَ عَلَيَّ يَوْمَ الْجُمُعَةِ فَإِنِّي أُبَلَّغُ وَأَسْمَعُ قَالَ وَيُضَعَّفُ فِيهِ الصَّدَقَةُ

“Telah sampai kepadaku dari Abdillah bin Abi Aufa bahwa Rasulullah bersabda, ‘Perbanyaklah membaca shalawat kepadaku di hari Jumat sesungguhnya shalawat itu tersampaikan dan aku dengar’. Nabi bersabda, ‘Dan di hari Jumat pahala bersedekah dilipatgandakan’.” (Imam al-Syafi’i, al-Umm, juz 1, hal. 239).

 

Demikian lah ulasan singkat ini mudahan bermanfaat, empat amal sunnah Rasulullah saw, yang begitu dahsyat keutamaanya, yang hamper terlupan oleh umat, mari kita membaca sejarah dan menghidupan amalan sunnah.

 

Sumber : Kitab Nashaihul ‘Ibad

 

Sahabutku Sauranaura19, melalui ulasan ini mudah-mudahan kita bisa mengingat dan mengamalkan amalan sunnah yang hamper terlupakan, mari kita lestarikan sebagai bentuk rasa cinta kita dengan yang mulia nabi Muhmmad saw.

 

 

Wallahu alam

Sumber : Kitab Nashaihul Ibad

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Do'a Keberkahan Hidup & Penarik Rezeki ( Al Imam Al Qutb Al Habib Sholeh bin Muhsin Al Hamid )

Doa-Doa Dahsyat dari Alquran yang Wajib Kamu Hafal.