Dahsyatnya doa Ibu


Dahsyatnya Doa oa Ibu

SuaraNaura19.blogspot.com-, Berikut ulasan yang menggugah hati dan membuat kita sadar betapa dahsyatnya doa ibu. Doanya ibu merupakan keberkahan dan kemurkaan Allah SWT terhadap anak.

Berikut mari kita simak, ulasan tentang dahsyatnya doa seorang ibu, betapa mulia dan tulisan doa ibu terhadap anaknya.

Islam memandang bahwa berkah dan ridhanya seorang ibu merupakan kesuksesan anakanya. Karena perjuangan dan pengorbanan ibu tak terbalaskan. 

Berikut perjuangan dan pengorbanan seorang ibu terhadap anaknya.

1. Mengandung 

وَوَصَّيْنَا ٱلْإِنسَٰنَ بِوَٰلِدَيْهِ حَمَلَتْهُ أُمُّهُۥ وَهْنًا عَلَىٰ وَهْنٍ وَفِصَٰلُهُۥ فِى عَامَيْنِ أَنِ ٱشْكُرْ لِى وَلِوَٰلِدَيْكَ إِلَىَّ ٱلْمَصِيرُ
 
Artinya: "Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu." (QS. Luqman : 14)
2. Melahirkan 

Allah berfirman,

وَوَصَّيْنَا الْإِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِ إِحْسَانًا حَمَلَتْهُ أُمُّهُ كُرْهًا وَوَضَعَتْهُ كُرْهًا وَحَمْلُهُ وَفِصَالُهُ ثَلَاثُونَ شَهْرًا

Kami perintahkan kepada manusia supaya berbuat baik kepada dua orang ibu bapaknya, ibunya mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Mengandungnya sampai menyapihnya adalah tiga puluh bulan … (QS. al-Ahqaf: 15)

3. Menyusui
وَحَمْلُهُ وَفِصَالُهُ ثَلَاثُونَ شَهْرًا
Mengandungnya sampai menyapihnya adalah tiga puluh bulan … (QS. al-Ahqaf: 15)

4. Membesarkan 

Nabi saw. bersabda, “Seseorang mendidik anaknya itu lebih baik baginya dari pada ia menshadakahkan (setiap hari) satu sha'.” Hadis ini diriwayatkan oleh imam At-Tirmidzi dari sahabat Jabir bin Samurah r.a.

Mengandung 9 bulan 10 hari dengan kondisi yang lemah bertambah lemah, melahirkan dengan perjuangan antara hidup dan mati, menyusui selama 2 tahun, dan membesarkan putra-putri nya dengan penuh kasih sayang.
 
Allah Ta’ala berfirman,

وَقَضٰى رَبُّكَ اَلَّا تَعْبُدُوْٓا اِلَّآ اِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ اِحْسٰنًاۗ اِمَّا يَبْلُغَنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ اَحَدُهُمَآ اَوْ كِلٰهُمَا فَلَا تَقُلْ لَّهُمَآ اُفٍّ وَّلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُلْ لَّهُمَا قَوْلًا كَرِيْمًا

“Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia.” (QS. Al Isra ayat 23).

Rasulullah SAW. bersabda:

رِضَا اَللَّهِ فِي رِضَا اَلْوَالِدَيْنِ, وَسَخَطُ اَللَّهِ فِي سَخَطِ اَلْوَالِدَيْنِ

“Ridho Allah SWT. ada pada ridho kedua orang tua dan kemurkaan Allah SWT. ada pada kemurkaan orang tua.” (HR. Tirmidzi, Ibnu Hibban, Hakim)

Perintah Allah untuk berbakti kepada orang tua adalah wajib hukumnya, karena orang tua bergantung kepada keridhaan dan kemurkaan Allah sebagaimana dijelaskan dalam hadits Rasulullah Saw tersebut.

Siapapun kita, sehabat apapun kita harus patuh dan taat kepada kedua orang tua. Karena ridha nya tergantung keridhaan Allah kebalikannya murkanya Allah bergantung pada kemurkaan orang tua.

Pelajaran bagi kita semua sebagai anak jangan lupakan ibu atau orang tua kita, berbaur baik dan berbakti salah perbuat mulai seorang anak terhadap orang tua. Dipastikan restu dan ridhaan nya serta doanya akan selalu menyertai anaknya.

Kesimpulan dahsyatnya doa ibu adalah begitu berat menjadi seorang ibu, karena perjuangan dan pengorbanannya. Sebab itu lah keberkahan doanya makbul untuk anaknya.

Wallahu a'lam 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Do'a Keberkahan Hidup & Penarik Rezeki ( Al Imam Al Qutb Al Habib Sholeh bin Muhsin Al Hamid )

KEUTAMAAN AMALAN SUNNAH YANG HAMPIR TERLUPAKAN

Doa-Doa Dahsyat dari Alquran yang Wajib Kamu Hafal.