UJIAN YANG MEMBAWA NIKMAT

 


Suaranaura19.blogspot.com-, Ujian atau cobaan hidup bisa berbentuk kebahagian, kesenangan, dan kenikmatan serta kesulitan. Kenikmatan berupa banyak harta, kesenangan hidup, kebahagian hidup dan pengikut yang banyak.

Setiap manusia diuji oleh Allah, berarti  ia kan diukur rasa imannya kepada-Nya. Karena banyak yang mengaku beriman sebelum diuji, karena setelah diuji oleh Allah,  dengan musibah, kesulitan, dan kesusahan hidup.

Berikut kami ketengahkan pembahasan tentang Ujian yang membawa nikmat, sebab banyak manusia menganggap ujian adalah sebuah kesusahan. Akan tetapi dibalik ujian adalah membawa nikmat bagi kehidupan kita.

Masalah ujian adalah membawa nikmat dalam hal ini menurut perkataan sahabat nabi yang mulia yakni Umar bin Khaththab ra. Berkata :

Demi Allah, tidaklah aku diuji dengan suatu musibah melaikan di dalamnya aku merasakan empat nikmat Allah yaitu :

1.   Beruntung musibah itu tidak menimpa agamaku.

2.   Beruntung musibah itu tidak lebih berat dari yang pernah menimpaku

3.   Beruntung musibah itu tidak menghalangi aku mendapat ridha Allah

4.   Aku mengharapkan pahala dari musiba yang menimpa diriku

Ditimpa musibah mengucapkan kalimat istirja.

الَّذِينَ إِذَا أَصَابَتْهُمْ مُصِيبَةٌ قَالُوا إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ

“(yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan, "Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji'uun." (QS Al Baqarah 156)

لَا يُكَلِّفُ ٱللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا

Allah dah sebutkan di dalam Al Quran, “Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya.” (QS.Al Baqarah : 286)

 

Ketarangan ayat diatas adalah musiba sebuah anugrah yang tersembunyi, Allah akan menimpa atau menguji hamba denan melalui banyak hal, ada diuji dengan kesenangan dan ada yang diuji dengan kesusuahan.

Semua milik Allah akan kembali kepada Allah, ini dimaksud adalah semua yang kita miliki harta, keluarga, dan kesenangan hidup kita akan kembali kepada yang punya yakni Allah swt.

Demikianlah ulasan singkat dan jelas serta lugas, tentang ujian membawa nikmat kehidupan bagi pelakunya, musibah adalah anugrah yang indah ketika hamba diuji dengan musibah ia sabar maka beruntunglah dengan kesabaran dan keikhlasan akan membawa kenikmatan dunia dan akhirat.

Demikian lah ulasan ini semoga bermanfaat bagi diri, keuarga dan masyarakat umumnya. Dan menjadi acuan refrensi sumber rujukan.

Wallahu ‘alam

Sumber : Kitab Nashaihul Ibad

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Do'a Keberkahan Hidup & Penarik Rezeki ( Al Imam Al Qutb Al Habib Sholeh bin Muhsin Al Hamid )

KEUTAMAAN AMALAN SUNNAH YANG HAMPIR TERLUPAKAN

Doa-Doa Dahsyat dari Alquran yang Wajib Kamu Hafal.