NASEHAT RASUL KEPADA ABU DZARR AL-GHIFFARI TENTANG KEHIDUPAN AKHIRAT

 



Suaranaura19.blogspot.com-, Kehidupan dunia yang sifatnya sementara ini, sudah barang tentu kita harus pandai diri dalam mensiasati kehidupan ini, sebab setelah dunia ada akhirat  yang sifatnya kekal abadi.

Mumpung masi hidup perbanyaklah bekal dalam mengarungi kehidupan yang fana (sementara) menuju akhirta yang abadai (Kekal). Kami sajikan pesan dan nasehat Nabi Muhammad saw, kepada salah satu sahabat beliau.

Disuatu hari ketika Rasulullah saw, memberikan nasehat kepada Abu Dzarr Al-Ghiffari Ra. Tentang masalah kehidupan dunia yang sementara akhirat selamanya. Abu Dzarr Al-Ghiffari, terduduk sambil, menyimak nasehat Rasulullah saw.Untuk itu mari kita simak nasehat Rasulullah Shallahu Alaihi Wasallam kepada Abu Dzarr Al-Ghiffaru Ra.

 

يا ا با ذر جدد السفينة فا ن البحر عميق و خذ الز ا د كا ملا فا ن السفر بعيد وخفف الحمل فا ن العقبة كؤ د و ا خلص العمل فا ن الناقد بصير

Wahai Abu Dzarr :

1.      Perbaharui perahumu karena lautan sangat dalam

2.      Ambil bekal yang banyak karena perjalanan sangat jauh

3.      Kurangi bebabmu karena jalan sangat terjal

4.      Ikhlaslah beramal karena yang menilai baik dan buruk adalah Dazt Yang Maha Melihat. (Kitab Nashaihul ‘ibad)

 

Perbahrui Perahu

Perbaharui perahu, yang di maksud adalah perbaharui dan perbaiki niat, karena semua amal bergantung pada niatnya, tentu jelas bahwa jika niat kita bagus tentu amal perbuatan akan menghasilkan nilai yang baik. Karena kedalam hati tidak bisa diukur, maka pesan belaiau sangat penting dan jelas perbaiki perahu karena lautan sangat dalam.

Ambil bekal yang banyak

Ambil bekal yang banyak , yang dimaksud adalah perbanyaklah bekal, menuju negeri akhirat, karena dunia ini akan kita tinggalkan, perjalanan dunia menuju perjalanan yang yakni negeri akhirat. Harus banyak bekal dan persiapan di perjalanan, sehingga tidak kesusahan, kelaparan, kebingunan, di perjalanan.

Kurangi beban

Kurangi beban, Beban hidup  yang terlalu berat akan menghambat diperjalanan, tentu kita harus pintar mengatur dan menata hidup ini sehingga diperjalan terasa ringan dan nyaman.

Ikhlas Beramal

Ikhlaslah beramal, karena keikhlasan adalah penyebab semua amal yang dilakukan akan membuahkan nilai yeng terbaik dalam pandangan Allah. Ikhlas bermala artinya beramal tanpa mengharpakan imbalan semata, karena baginya berbuat, beramal, karena Lillah (karena Allah, mengharpakan rido Allah).

 

Empat pesan yang disampaian Nabi Muhammad saw, kepada sahabatnya Abu Dzarr Al-Ghiffari ra,  itu memberikan nasehat juga kepada kita secara tidak langsung dalam menghadapi dan menjalani hidup menuju akhirat selamanya. Agar selamat dan bahagia dunia dan akhirat kelak.

 

14 abad silam nasehat ini, akan tetapi sangat berarti dan memberikan motivasi dalam beramal dan mempersipakan diri menuju negeri akhirat. Memang tertuju kepada Abu Dzarr, akan tetapi secara umum nasehat ini buat umat Nabi Muhammad saw, agar berhati-hati dan waspada dalam menjalani kehidupan dan selamat dan bahagia di dunia dan akhirat.

 

Demikian ulasan singkat ini tentang nasehat Rasulullah saw, kepada Abu Dzarr Al-Ghiffari ra. Semoga bermanfaat dan menjadi petunjuk dan asaba kita menuju hidayah allah amien.

 

Demikian telah kami sajikan cerita dan nasehat yang mengandung makna kehidupan dan syarat dengan muatan petunjuk menuju perjalan hidup dunia dan akhirat, semoga bermanfaat.

 

Wallahu ‘alam Bis-shawaf ilaihi marjiu wal ma’af

Sumber ; Kitab Nashaihul Ibad

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Do'a Keberkahan Hidup & Penarik Rezeki ( Al Imam Al Qutb Al Habib Sholeh bin Muhsin Al Hamid )

KEUTAMAAN AMALAN SUNNAH YANG HAMPIR TERLUPAKAN

Doa-Doa Dahsyat dari Alquran yang Wajib Kamu Hafal.