3 Pokok Kehidupan dalam Islam, kamu harus Tahu.

 




3 Pokok Kehidupan dalam Islam, kamu harus Tahu.

Suaranaura19.blogspot.com-, dalam hidup ini harus ada prinsip hidup sehingga hidup mempunyai tujuan, muara dari perjalan hidup adalah kebahagian dunia dan akhirat, berikut kami sajikan ulasan yang singkat, dengan bahasa yang sederhanaa dan mudah dimengerti.

Dunia ini permaianan, jika kita tidak pandai bermain dalam permaian dunia kita akan kalah, tentukan banyak kerugian jika kita kalah dalam permainan dunia, maka kita harus pandai, cerdar dalam mensiasati permaian dunia.

Ada beberapa perkara poko dalam kehidupan dunia yang membuat kita tidak terlena oleh permaian dunia, sehingga kita bisa menang dalam permaian dunia. Sebab setelah dunia ada akhirat, kita harus selamta dari dunia dan menuju perdalan akhirat akan selamta dan bahagia.

Kami nukil dalam kitab nashaihul Ibada buah karya Syekh Al-Imam Nawawi Al-Bantani halaman 45 memberikan beberapa perkara pokok dalam kehidupan.

Berkata Al-Imam Nawawi al-bantani :

1.   Dari sekian banyak nikmat dunia, cukuplah Islam sebagai nikmat bagimu

2.   Dari sekian banyak kesibukkan, sukuplah ketaatan sebagi kesibukkan bagimu

3.   Dari sekian banyak pelajaran, cukuplah kematian sebagai pelajaran bagimu.

 

Penjelasan :

 

Banyaknya Nikmat Cukuplah Islam Sebagai Nikmat bagimu.

Firman Allah SWT dalam Suarat Ibrahim ayat 34 tentang nikmat Allah.

وَءَاتَىٰكُم مِّن كُلِّ مَا سَأَلْتُمُوهُ ۚ وَإِن تَعُدُّوا۟ نِعْمَتَ ٱللَّهِ لَا تُحْصُوهَآ ۗ إِنَّ ٱلْإِنسَٰنَ لَظَلُومٌ كَفَّارٌ

Jika kamu menghitung nikmat Allah nescaya tidak terkira sesungguhnya manusia itu sangat zalim lagi ingkar. ( Ibrahim : 34)

Allah berfirman dalam surat Al-maidah ayat 3 tentang Agama Islam adalah agama yang di rido dan telah di sempurnakan dari agama-agama sebelumnya.

ٱلْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِى وَرَضِيتُ لَكُمُ ٱلْإِسْلَٰمَ دِينًا

Pada hari ini telah Aku sempurnakan bagi kamu agama kamu dan Aku lengkapkan bagi kamu nikmat Ku dan Aku pun reda Islam sebagai agama kamu.” (Al Maidah: 3)

Nikmat terbesar dan berharga dalam hidup ini adalah agam Islam, dan kahir dari perjalan hidup didunia adalah dalam kondisi beragama Islam. karena agama islam mendapat posisi tertinggi dalam pandangan Allah yakni agama yang diridoai dan disempurnakan.

Banyak kesibukkan, cukuplah ketaatan sebagi kesibukkan bagimu

مَّن يُطِعِ ٱلرَّسُولَ فَقَدْ أَطَاعَ ٱللَّهَ ۖ وَمَن تَوَلَّىٰ فَمَآ أَرْسَلْنَٰكَ عَلَيْهِمْ حَفِيظًا

Artinya : Barangsiapa yang mentaati Rasul itu, sesungguhnya ia telah mentaati Allah. Dan barangsiapa yang berpaling (dari ketaatan itu), maka Kami tidak mengutusmu untuk menjadi pemelihara bagi mereka. (QS. An-Nisa : 80)

Barangsiapa yang taat kepada rasul dengan menjalankan perintahnya dan menjauhi larangannya, berarti ia telah taat kepada Allah. Dan cukuplah ketaatan kepada Allah dan rasul sebagai kesibukkan hamba didunia karena, banyak yang menyebabkan orang sibuk dengan dunia lupa akhirat.

Banyak pelajaran, cukuplah kematian sebagai pelajaran bagimu.

كُلُّ نَفْسٍ ذَائِقَةُ الْمَوْتِ وَإِنَّمَا تُوَفَّوْنَ أُجُورَكُمْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ فَمَنْ زُحْزِحَ عَنِ النَّارِ وَأُدْخِلَ الْجَنَّةَ فَقَدْ فَازَ وَمَا الْحَيَاةُ الدُّنْيَا إِلَّا مَتَاعُ الْغُرُورِ

“Setiap yang bernyawa akan merasakan mati. Dan hanya pada hari Kiamat sajalah diberikan dengan sempurna balasanmu. Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, sungguh, dia memperoleh kemenangan. Kehidupan dunia hanyalah kesenangan yang memperdaya.(QS. Al-Imran : 185)

Rasulullah Saw bersabda,

Perbanyaklah banyak mengingat pemutus kelezatan (yaitu kematian) karena jika seseorang mengingatnya saat kehidupannya sempit, maka ia akan merasa lapang dan jika seseorang mengingatnya saat kehiupannya lapang, maka ia tidak akan tertipu dengan dunia (sehingga lalai akan akhirat). (HR. Al Baihaqi).

Demikianlah uarain singkat ini tentang tiga pokok dalam kehidupan, Agama Islam sebagai Nikmat terbesar, ketaatan sebagai nikmat dari sebuah kesibukkan dunia, serta kematain dalaha pelajaran yang berharaga.

Demikian ulasan ini, semoga dapat petunjuk dan pemahan dalam menjalani kehidupan didunia terlebih lagi menuju negeri akhirat. Dan semoga menjadi pedoman dan prinsip hidup.

Wallahu ‘alam.

Sumber : Kita Nashaihul Ibad

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Do'a Keberkahan Hidup & Penarik Rezeki ( Al Imam Al Qutb Al Habib Sholeh bin Muhsin Al Hamid )

KEUTAMAAN AMALAN SUNNAH YANG HAMPIR TERLUPAKAN

Doa-Doa Dahsyat dari Alquran yang Wajib Kamu Hafal.